Saturday 28 May 2011

Ulasan Produk Western Digital 3TB Hard Drive

Kebutuhan akan perangkat penyimpanan data berkapasitas besar dewasa ini makin meningkat. File-file multimedia yang makin membengkak dari sisi ukuran, serta makin umumnya menyimpan game dan aplikasi dalam bentuk disk image seperti .ISO .CIF dan .CUE yang menduplikat keseluruhan isi CD /DVD/BD-Disk ke dalam bentuk file yang dapat diakses menggunakan virtual DVD-ROM, membuat banyak orang memikirkan kembali kapasitas yang mereka butuhkan untuk menyimpan itu semua.
Mungkin dengan menggunakan 3 buah hard drive berukuran 1 TB (TeraByte) terpasang di PC, kita sudah percaya diri dapat menyimpan semua file berukuran besar ke dalamnya. Akan ada waktunya ruang simpan tersebut habis, dan kita akan berpikir ulang mengenai berapa banyak kapasitas hardisk yang kita perlukan untuk menyimpan semua file yang menurut kita penting.
Kabar gembira bagi mereka yang ingin PC-nya dapat menampung berbagai macam file, penggemar multimedia yang boros ruang simpan hardisk serta para artis digital yang menyimpan file model 3D-nya untuk penggunaan lebih lanjut, atau para pembuat film yang pastinya bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan giga file hasil editan. Bayangkan Anda mempunyai 3 x 3 TB space hardisk yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan semua file tersebut.
Western digital menghadirkan solusi penyimpanan hardisk 3.5 inch dengan kapasitas total 3 TB. Hardisk ini berasal dari keluarga Western Digital Green. Western Digital Green sendiri adalah hard drive yang dirancang hemat energi, senyap dan dingin.
Spesifikasi:

    * Interface: Serial ATA-2 (3Gbps)
    * Form Factor: 3.5"
    * Cache: 64MB
    * Average Seek Time: 15ms
    * Average Latency: 5.5ms
    * Platters: 4 at 750GB/Platter
    * Peak Read/Write Sequential Watts: 6.0W
    * Idle Watts: 5.5W
    * Sleep/Standby Idle Watts: 0.80W
    * Temperature Range: 5 to 60 Degrees Celsius
    * Acoustics (idle/seek): 24 / 29 dBA

Kompatibiltas Hard Drive 3 Tb pada Perangkat Keras.

Perlu diketahui, penggunaan hard drive berkapasitas 3 TB ini sebenarnya tidak disupport secara langsung oleh perangkat keras, perangkat lunak dan firmware yang ada sekarang. Jika kita tetap memasangnya langsung, maka space yang akan dikenali hanya 2.19TB. Mengapa hanya 2.19TB? penjelasannya sebagai berikut:

Hampir semua hard drive yang kita gunakan menggunakan sebuah skema bernama Logical Block Address (LBA), dimana LBA ini sendiri dimulai dari LBA 0 hingga LBA terakhir yang mewakili banyaknya pengalamatan di hard drive itu sendiri. Setiap LBA mewakili data yang tersimpan di dalam hard drive kita.

Pastinya kita pernah mendengar MBR (Master Boot Record). LBA 0 atau permulaan hard drive kita mengandung MBR, MBR itu sendiri digunakan oleh BIOS untuk menentukan bagaimana PC kita akan di-boot.

Saat ini LBA yang menggunakan MBR untuk bootingnya menggunakan pengalamatan 32-bit, setiap sektor drive mempunyai LBA sebesar 512bytes, dan nilai terkecil dari bytes sendiri adalah 2. Jadi banyaknya record yang dapat tersimpan di sebuah hard drive yang menggunakan MBR adalah (2^32)*512 = 2,199,023,255,552 bytes  atau 2.19TB.

Western Digital tidak mungkin melupakan hal mendasar seperti ini maka dari itu mereka menyertakan sebuah kartu PCI Advanced Host Controller Interface (AHCI)-compliant Host Bus Adapter (HBA) HighPoint Rocket 620 yang berfungsi sebagai controller yang dapat membaca kapasitas 3TB dengan syarat motherboard Anda telah mempunyai fitur EFI didalamnya.
Western Digital sendiri telah berusaha agar setiap hardware yang nantinya akan dikeluarkan oleh vendor telah mendukung standar EFI. Kesimpulan
Hardisk berkapasitas besar yang dapat digunakan untuk menyimpan file-file multimedia. Space yang besar untuk saat ini. Bayangkan jika anda mempunyai 3 harddrive ini kemudian anda jadikan RAID, dipastikan anda tidak perlu khawatir kehabisan space hardisk untuk beberapa waktu ke depan hingga keluar hardrive dengan kapasitas lebih besar. Semua file-file yang anda kira harus anda buang untuk menyelamatkan space hardrive kini dapat anda simpan tanpa khawatir anda tidak bisa menyimpan file yang lainnya. Harddrive yang mempunyai seri green ini juga dijamin dingin dan irit listrik jika anda ingin menyalakannya terus menerus di HTPC anda.

Plus:
  • Kapasitas Besar
  • Irit listrik
  • Dingin
Minus:
  • Dukungan hardware terhadap hardrive berkapasitas besar masih kurang
  • Adanya batasan besarnya drive yang disuport oleh hardware
Pemasangan di Berbagai Sistem Operasi

Sayangnya untuk pengguna windows XP drive ini tidak didukung sama sekali, jadi jika Anda menggunakan windows XP dan ingin menggunakan drive ini silahkan upgrade sistem operasi ke Windows 7 64 bit agar dapat menggunakan drive ini atau dapat membeli external hard drive casing dan dan menghubungkan drive ini melalui USB.
Bagi pengguna windows Vista dan Windows 7 32 bit, drive ini hanya bisa dijadikan drive secondary, sedangkan jika menggunakan Windows Vista dan Windows 7 64 bit, drive ini dapat  digunakan baik sebagai bootable maupun secondary drive dengan syarat mengaktifkan fitur EFI pada motherboard Anda. Bagi pengguna Mac OS X dan Linux, bootable drive dan secondary drive dapat langsung digunakan.
Paket Penjualan

Kotak yang didesain menahan goncangan menjaga agar hardrive aman dari goncangan selama proses pengiriman.
Hardrive, sata controller dan buku petunjuk.


Sumber:Http://www.chip.co.id

0 comments:

Post a Comment